Lancar belajar programming baru, mari bertapa diujung ruang.

By | 5 Juli 2019

Assalamu alaikum,
saya mencoba untuk menulis tentang gimana cara belajar programming paling mudah. Cara ini yg biasa saya lakukan untuk belajar bahasa programming baru. Dan saya rasa ini cara tercepat saya belajar sesuatu.

Tahaddus binni’mah: Beberapa hari lalu saya mencoba belajar flutter. Saat ini saya sudah bisa belajar bikin aplikasi dengan flutter. Perhatikan, saya belajar membuat aplikasi dengan flutter. Saya tidak lagi fokus belajar flutter. Apa bedanya?. Sama!. Mindset yg beda.

https://otoritech.com/jasa-pengembangan-iot/

Langsung ke langkah praktis-nya.

Langkah pertama, untuk belajar apapun, mesti butuh niat yang kokoh. Jadi, mantapkan niat dahulu. Jika tidak mantap, tinggalkan!. Salah satu yang membuat mantap untuk belajar suatu bahasa progamming adalah kecanggihan bahasa itu. (Yang pro jangan protes, maafkan saya yg bukan apa-apa). Pilih bahasa yang paling canggih menurutmu, pilih dengan sepenuh hati. lalu berniatlah dengan bulat. sebulat tahu!.

Kedua, cari kursus online. Yeb!, kursus online. Bukan buku, bukan kursus dipinggir jalan itu(yg biasa janjiin kerjaan itu). Tapi kursus online. Kenapa mesti ini, pm aja ke mosleim@gmail.com alasannya. 😀

Ketiga, luangkan waktu. Saranku sepekan saja, jangan lama-lama. Tapi marathon. jangan selang-seling dengan kuliah atau kerja. Kalau kuliah, ya bolos dulu. kalau kerja, ya ijin dulu.

Keempat session 1: Pamit pada semua orang kalau kau akan menginap dan bertapa diujung ruang itu. Kau akan lalui sepekan kedepan sendirian. Bukan kenapa-kenapa, tapi untuk menjadi orang yang berbeda. Menjadi orang yang bisa sesuatu. Orang yang bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Orang yang nantinya bisa membiaya hidup sendiri dan keluarga.

Keempat session 2: Stressing your brain! Buat meledak! Tonton video kursus online yg telah kau beli sembari ngoding!. Yeb, sembari ngoding. (berbeda teknik dengan baca buku). Biasanya kursus online itu, ada beberapa video. Bahkan ratusan video. Lumrahnya berdurasi 20-30 jam. Pecah keseluruhan kursus dengan 7 bagian. 1 bagian ditonton setiap hari sembari niru cara ngodingnya. dipagi hari. 20 dipecah 7 menjadi sekitar 3 jam. Polanya, nonton sembari ngoding selama 4-5 jam. lalu, dilanjutkan mengulang dengan membuat project yang sama dengan kursus selama 5 jam berikutnya. ini biasanya bisa mencapai 10-20 kali membuat project yg sama persis. Jangan berexplorasi di sini. Kau belum berhak untuk berexplorasi. Tiru saja persis dengan yg dicontohkan. Buang jauh-jauh “yang penting logikanya”. It’s bullshit now!. Yg kau butuhkan sekarang membiasakan diri dengan bahasa itu.

Kelima, selesaikan itu dalam 7 hari dengan motivasi ini: “Pekan depan, aku bisa bahasa/programming ini”.

Keenam, pekan selanjutnya (minimal 3 pekan) luangkan waktu 5-8jam untuk ngoding sesuatu. Mau ngoding apa? bingung? simple-ku, re-engenering saja dari aplikasi yang ada. Contoh, kalau belajar web programming, bikin web persis dengan web yg sudah ada. Begitupun dengan lainnya.

Selanjutnya, jalani hidupmu dengan itu. Tingkatkan skillmu di hari-harimu. Dengan kemampuan bahasa barumu, kau bisa belajar banyak hal. Ingat, yang kau pelajari adalah bahasa. Bukan cara membuat sesuatu. Namun, hanya dengan kemampuan bahasa yang mantap, kau bisa menulis novel yang indah. Terima-kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.