Pagi saya pusing

By | 19 Desember 2019

saya mencoba buka usaha. bidang tekno. karyawan tak ada. cuman sendirian. bahkan sekarang nerima freelancing juga, buat nambah cashflow.
kegiatan saya mendesain board elektronik, nyetrika pcb, ngebor pcb, bikin firmware-nya, install ke panel box, setup jaringan, bikin API-nya, kapsulasi/dockering, setup CI/CD, setup message broker, lalu bikin aplikasi mobile apps-nya.
khusus untuk bikin tampilan web, saya nyerah. capek. saya lemah bagian ini. mending pakai desktop aplication aja. bisa saya usahakan.
semoga suatu saat nanti usaha ini bisa membesar. berharap ada yang mau bikin IOT sistem yang skala yang besar. sudah saya siapkan sedikit pengetahuan tentang setup CI/CD ke aws(setup elastic beanstalk&load balancing).
yg gak bisa saya kerjakan dalam usaha saya ini: ux/ui, web ui, security dan banyak hal lainnya. tentang security dan ux/ui sudah ada beberapa paket kursus yang saya ikutin. terus terang saya gak bisa mencernanya. gak ngerti blas. -_-
bonus: Sudah saya sediakan sedikit pengetahuan tentang branding.
oia, semua yang bisa lakukan itu, hanya sekedar bisa. bukan ahli. saya tidak bisa tekun belajar. 😀
ada yg bertanya kenapa gak ngebranding usaha sendiri dengan lebih serius. kalau saya penuhi branding usaha saya. maka ada 1 persoalan. yaitu: KURANG TANGAN. kapasitas saya mengerjakan pekerjaan hanya 1-3 pekerjaan. sedangkan kalau saya merekrut orang baru, saya sangat lemah ngelola manusia. saya tidak terlatih sisi leadership-nya. dulu gak ikutan pramuka, :p . akhir-akhir ini, saya telah menolak sekitar 5-10 project skala kecil(<3 digit). yg saya terima hanya yg 1 digitan. ditolak karena kurang tangan. bahkan yg 1 digitpun ada yg wanprestasi.
jadi, kendala saya saat ini: maunya usaha membesar, tapi gak punya softskill leadership. kekurangan HR. semua hal teknikal menjadi tidak bermanfaat untuk prose scale up. saya seakan gak punya roadmap yang jelas atas usaha saya. asli sekarang saya pusing. silahkan yang mau menghubungi saya memberikan insight ke saya di mosleim@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.